Mobile Ad
Sistem Ganjil-Genap dan Oneway Diterapkan di Puncak Saat Libur Idul Adha

Senin, 26 Jun 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Tim Polres Metro Bogor bakal memberlakukan sistem ganjil genap untuk kendaraan roda empat yang akan melintasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat saat adanya cuti bersama dan libur Idul Adhan 2023.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan bahwa penerapan ganjil genap tersebut dimulai sejak hari Selasa 27 Juni sampai Minggu 2 Juli 2023.

“Kebijakan ini diterapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021,” kata Ardian, dalam keterangannya, pada Senin (26/6).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pelaksanaan penerapan ganjil genap tersebut juga bersifat situasional melihat volume kendaraan yang melintas saat libur Idul Adha.

"Satu hari menjelang libur nasional dan cuti bersama itu ya kami laksanakan pemeriksaan ganjil genap. Namun nanti pelaksanaannya akan kita lihat juga, situasional, karena kan banyak kendaraan kendaraan yang dikecualikan," ungkap Ardian.

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan skema one way dengan melihat bagaimana volume arus kendaraan sepanjang jalur Puncak.

"Apabila memang cukup padat nanti ada rekayasa lalin seperti one way atau buka tutup sepenggal, nanti kami akan sesuaikan melihat situasi arus kendaraan masuk ataupun turun dari Puncak," ujar Ardian.

Sementara itu Ardian mengungkapkan nantinya akan ada sebanyak 150 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, hingga BPBD yang diterjunkan untuk mengamankan jalur di sekitar Puncak tersebut.

Kemudian dalam hal ini ia mengimbau kepada masyarakat yang akan berlibur ke Puncak agar memperhatikan waktu keberangkatan sehingga bisa disesuaikan dengan penerapan sistem ganjil genap.

"Silakan disesuaikan dengan pelat nomor kendaraan sesuaikan dengan tanggal keberangkatannya bagi yang plat ganjil nomor kendaraan yang digunakan untuk yang ke puncak juga ganjil seperti itu," tukas Ardian.

Selanjutnya ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang ingin ke Puncak agar memastikan kendaraannya dalam kondisi prima serta berhati-hati lantaran kondisi cuaca di wilayah Puncak kerap turun hujan.

"Mohon untuk berhati-hati persiapkan kendaraan, lampunya penerangan karena nanti akan adanya kabut kemudian memarkirkan kendaraan tidak di bahu jalan dan tidak dekat pohon-pohon rindang nanti dikhawatirkan tanah longsor atau pohon tumbang," tutup Ardian.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement