Mobile Ad
Skuat Garuda Akui Tak Gentar Berlaga Tadang di Vietnam

Selasa, 26 Mar 2024

FTNews - Timnas Indonesia tak gentar menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) pukul 19.00 WIB malam ini.

Mereka akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup F 2026. Kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho pun menyatakan kesiapannya untuk bertanding.

"Alhamdulillah saya dalam kondisi sehat dan siap bermain untuk pertandingan nanti malam. Kondisi tim, beberapa pemain yang kemarin demam alhamdulillah sedikit membaik dan siap dimainkan," ujarnya dalam PSSI.

Rizky menjelaskan bahwa memang akan adanya tekanan jika bermain tandang. Terlebih akan adanya suporter lawan yang lebih besar. Tetapi mereka sudah menyiapkannya dengan baik.

Pemain timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Foto: PSSI)

"Kalau untuk tekanan pasti ada, cuma itu tergantung kita menyikapinya seperti apa, tentunya kami sebagai pemain semakin semangat juga," jelasnya.

Baginya tekanan seperti itu adalah hal yang biasa untuk para pemain. Ia juga meminta doa serta dukungannya kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam laga ini.

"Kepada suporter Indonesia kami mohon doa dan dukungannya agar di pertandingan nanti kami semua bisa bermain dengan baik dan bisa membanggakan Indonesia," ucap pemain Persija itu.

Di sisi lain, Thom Haye sudah siap menyambut debutnya bersama Skuat Garuda. Pemain naturalisasi itu setelah menyelesaikan proses panjang dalam mengesahkan dirinya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) akhirnya dapat bermain.

Pemain naturalisasi Indonesia, Thom Haye. (Foto: AFC)

"Persiapan kami sangat bagus meski kami mengalami beberapa masalah pada pekan lalu. Tetapi, saya merasa baik," jelasnya.

Pemain klub SC Heerenveen itu mengatakan bahwa memang masalahnya banyak pemain yang tidak dapat hadir karena sakit. Tetapi dengan kedatangan pemain lainnya baginya sudah cukup.

"Kami memiliki beberapa sesi latihan yang bagus, jadi saya pikir kami sudah siap dengan baik,"ungkapnya.

Sebelumnya pada laga pertama Timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3) itu Haye sudah melakukan analisis terhadap permainan lawan.

Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Analisis The Profesor


Ia menganggap fisik yang Vietnam miliki cukup baik, tetapi ia yakin Timnas dapat lebih baik dibandingkan mereka.

"Saya pikir seperti yang Anda lihat dalam pertandingan pertama, itu pertandingan yang sulit. Saya pikir Vietnam juga bisa bermain dengan sangat fisik. Jadi saya pikir penting bagi kami untuk membawa intensitas yang sama seperti mereka dan kemudian mencoba dengan sepak bola yang bagus untuk mengalahkan mereka," terang Haye.

Selain itu juga ia mengatakan sudah mengetahui taktik strategi bermain lawan. Vietnam mengutamakan bola tinggi jauh untuk memberikan umpan terobosan ke lawan.

Dengan itu Haye yang kerap dapat julukan The Profesor mengatakan bahwa Skuat Garuda hanya perlu banyak memegang bola agar mendapatkan kendali penuh.

"Mereka (Vietnam) bisa bermain sangat fisik, jadi saya pikir Anda harus mempersiapkan diri untuk itu," jelasnya.

Menurutnya, satu di antara kelebihan lawan adalah operan bola jauh dan banyak pemain yang bisa berlari. Sehingga ada upaya menghadang operan jauh Vietnam dan memiliki banyak kendali dalam permainan.

Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh. (Foto: Instagram/Sandy)

Timnas Indonesia banyak mengalami perubahan susunan pemain. Hal tersebut, karena banyaknya pemain yang terkena sakit.

Mulai dari Nadeo Argawinata, Dimas Drajad, Pratama Arhan, Ivar Jenner yang sedang sakit. Marc Klok akan melakukan pemulihan cedera tendon achilles di Singapura.

Walau demikian, pertandingan ini merupakan debutnya Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bersama Timnas Indonesia.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement