Mobile Ad
Skuat Garuda Tak Gentar Hadapi Uzbekistan Sang Juara Asia

Senin, 29 Apr 2024

FTNews - Rasa percaya diri, membuat Skuat Garuda tak gentar hadapi Uzbekistan pada semifinal Piala Asia. Uzbekistan merupakan peraih gelar juara Piala Asia U-23 edisi 2018 Cina.

Tim U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4). Walaupun Uzbekistan merupakan tim yang sudah menginjakan berkali-kali kakinya pada babak 4 besar selama tiga edisi. Tetapi Skuat Garuda tak gentar hadapi Uzbekistan.

Pasukan Shin Tae-Yong merasa percaya diri akan bertemu lawan sepadannya pada ajang tersebut. Hingga saat ini tim Serigala Putih itu belum pernah mendapatkan kekalahan pertandingan mulai dari fase grup.

Tergabung pada Grup D bersama Vietnam, Kuwait dan Malaysia. Tim ini belum pernah terebut tiga poinnya dari lawan mereka. Hingga babak delapan besar mendatang, tim ini juga belum kalah bahkan gawangnya mendapatkan kehadiran bola dari lawan. Hal seperti ini menjadikan Uzbekistan lawan yang perlu perhatian lebih bagi Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (Foto: PSSI)

"Saya pikir Uzbekistan dan Indonesia memiliki kesamaan. Uzbekistan juga mencoba membangun sepakbolanya dari level kelompok usia muda seperti di bawah 20 atau 23 tahun. Jadi ini juga faktor yang menjadikan tim Uzbekistan sebagai tim yang sangat-sangat bagus," Terang Shin Tae-Yong dalam PSSI.

Catatan Pertandingan Skuat Garuda


Walaupun Indonesia belum memiliki rekor bagus saat berjumpa dengan Uzbekistan baik kelompor umur ataupun timnas senior. Tetapi tidak membuat rasa percaya diri Skuat Garuda menurun.

Dalam enam pertemuan yang sudah pernah mereka jalani dari berbagai ajang pertandingan hingga persahabatan. Indonesia hanya berhasil menahan imbang 3 kali dan mengalami kekalahan sebanyak 3 kali juga.

Skuat Garuda Siap Tumpas Lawan Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Hal seperti ini tidak terlalu buruk, berkaca dari pertandingan melawan Korea Selatan yang mampu Indonesia menangkan. Melihat dari data pertandingan, sebanyak 57 kali pertemua Indonesia dengan Korsel. Dari hasil tersebut membuat Skuat Garuda kalah dalam 43 pertandingan dan berhasil 6 kali meraih kemenangan, serta imbang delapan kali.

"Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik (untuk laga besok), jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik," tegas STY.

Bawa Terbang Garuda Lebih Tinggi


Dengan adanya lawan seperti ini, lebih membuat Shin Tae-Yong yakin membawa tim U-23 menuju kancah yang lebih besar lagi. Terlebih dengan pemain rancangannya tersebut, membuat rasa percaya dirinya semakin besar membuat Garuda terbang tinggi.

"Saya tidak tahu apakah Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya. Saya mendengar terakhir berlaga di Olimpiade Melbourne 68 tahun lalu. Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi). Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade," ungkap nya.

Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Untuk berhasil masuk Olimpiade, setidaknya pelatih asal Korea Selatan itu harus meraih satu kemenangan lagi. Hal tersebut agar bisa menempati posisi juara, runner-up atau peringkat ketiga.

Jika langkah tersebut Indonesia tidak dapat gapai. Maka mereka akan bersiap melawan perwakilan Afrika, Guinea untuk berebut tiket Paris 2024 melalui play-off, Kamis (9/5).

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement