Mobile Ad
Tak Hanya Budiono dan Istri, Mekarnya Bunga Bangkai Juga Pernah Pikat Meutia Hatta

Senin, 22 Apr 2024

FTNews - Bunga bangkai atau Amorphophallus titanum Becc kembali mekar setinggi 3 meter bersamaan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-172 Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Bunga mekar sempurna pada Jumat 19 April 2024 lalu.

Mekarnya bunga endemik Indonesia ini rupanya mencuri perhatian banyak kalangan. Termasuk Herawati Budiono, istri Wakil Presiden ke-11 Indonesia periode 2009-2014 Budiono.

Herawati dan Budiono datang menyaksikan langsung mekarnya bunga bangkai nomor koleksi 76 Kebun Raya Cibodas. Herawati tidak bosan-bosannya menyaksikan langsung mekarnya si bunga bangkai. Mekarnya bunga bangkai kali ini terasa istimewa bagi dirinya karena ia bisa menyaksikannya secara langsung.

"Setelah saya dikabari jika bunga bangkai mekar lagi di Cibodas saya langsung mengajak Bapak untuk siap-siap untuk ke Cibodas. Karena saya sudah dua kali melihat bunga bangkai mekar di Cibodas. Namun sudah mulai menutup terus spatanya sehingga saya tidak mau ketinggalan momen yang langka ini,” ungkapnya semangat.

Melansir laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Herawati mengaku baru tiba di Jakarta usai libur Lebaran ke Yogyakarta dan Jawa Timur. Namun ia tidak ingin melewatkan momen penting. Hingga akhirnya memutuskan ke Cibodas.

Herawati mengaku tertarik dengan bunga bangkai sejak Sekolah Menengah Pertama. Sehingga setiap kali ada kabar bunga bangkai mekar beliau langsung ingin melihatnya secara langsung.

Sebagai informasi, bunga bangkai yang saat ini mekar memiliki ketinggian 310,5 cm dengan lebar spata 161 cm. Individu tanaman tersebut merupakan hasil penyemaian biji tahun 2000 dan ditanam pada 2004.

Ini merupakan kali ketiganya individu tanaman tersebut berbunga setelah sebelumnya berbunga pada tahun 2016 dan 2020.

Saat ini jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen. Terdiri atas 1 spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi dan 9 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji.

Setelah puas menikmati indahnya bunga bangkai, Herawati dan Budiono melanjutkan perjalanan kembali ke lokasi lainnya.

Meutia Hatta kunjungi KR Cibodas saat bunga bangkai mekar Maret 2019. Foto: dok/ Ari Rikin

Pikat Meutia Hatta


Beberapa tahun sebelumnya, mekarnya bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas ternyata menarik perhatian putri proklamator Indonesia Mohammad Hatta, Meutia Hatta. Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan ini, sengaja datang untuk melihat eksotika bunga bangkai saat mekar.

Meutia yang juga pakar antropologi ini mengaku, selalu tertarik melihat bunga miliki Indonesia yang sedang mekar seperti bunga bangkai dan Rafflesia.

"Ini menjadi suatu kebanggaan kita, punya tanah air yang bisa ditumbuhi tumbuhan ini," kata Meutia saat mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Maret 2019.

Ia menambahkan, berdasarkan penuturan beberapa orang, bunga jenis ini dulunya banyak di desa, namun ketika sudah menjadi rumah, bunga ini mulai langka.

"Semoga dengan banyaknya pemberitaan tentang bunga langka ini, anak-anak muda bisa tahu dan menghargai apa yang dimiliki tanah air kita," ucap Meutia.

Untuk itu, lanjut Meutia, pelestarian tumbuhan ekosotik dan langka di Indonesia sangat penting. Tumbuhan langka itu, tidak untuk diambil begitu saja tetapi menjadi koleksi negara ini yang sangat berharga.

Meutia mengaku baru pertama kali melihat bunga bangkai mekar. Ia langsung mengunjungi Kebun Raya Cibodas, untuk melihatnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement