Mobile Ad
Usai Tekuk Vietnam, Peringkat Skuad Garuda di FIFA Melesat ke-142

Senin, 22 Jan 2024

FTNews - Timnas Indonesia berhasil melesat peringkatnya dalam FIFA mencapai posisi ke-142 setelah pertandingan lawan Vietnam di Piala Asia 2023, Jumat (19/1).

Dalam pertandingan itu, Tim asuhan Pelatih Shin Tae-Yong mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 melalui gol penalti yang Asnawi Mangkualam eksekusi.

Berdasarkan kemenangan tersebut, Indonesia melesat naik peringkatnya. Hal itu, karena Vietnam termasuk tim yang kuat. Terlebih Vietnam memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan Indonesia dalam ranking FIFA tersebut.

Vietnam setelah mengalami kekalahan itu pun turun, yang awalnya menempati posisi 95. Sekarang turun 4 angka menjadi 99. Berbeda dengan Indonesia yang meningkat 5 angka.

Sebelumnya skuad Garuda berada pada posisi ke-147. Setelah memenangkan pertandingan, Timnas melaju 5 angka ke-142.

Perlu diketahui ranking FIFA akan naik melalui beberapa pertimbangan. Mulai dari, seberapa kuat lawan tim tersebut, jika tim itu memiliki kekuatan yang cukup jauh seperti Indonesia dan Vietnam. Itu akan menambah besar poin kepada tim lawan yang lebih bawah darinya.

Timnas Indonesia. (Foto:PSSI)

Lalu, bisa terlihat dari pentingnya pertandingan tersebut. Semakin penting laga yang sedang berlangsung, maka poin yang akan tim dapatkan jika menang lebih besar. Misalnya laga besar seperti Piala Dunia akan memiliki bobot poin lebih besar.

Dalam laga yang akan datang, skuad Garuda akan menghadapi Jepang pada, Rabu (24/1) di Stadium At Thumama, Qatar. Tim dengan julukan Samurai Biru tersebut menduduki ranking ke-17 FIFA.

Jika Indonesia berhasil menang, maka Indonesia bisa mendapatkan poin lebih tinggi dan bahkan bisa menaiki peringkat lebih pesat dibandingkan saat ini.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement