Latih Pasukan Ukraina, Australia Siap Kirim Kendaraan Lapis Baja

Forumterkininews.id, Kiev- Australia mengatakan pihaknya akan mengerahkan 70 tentara ke Inggris. Mereka dikirim untuk membantu melatih pasukan Ukraina di sana. Selain itu, Australia juga ajan mengirimkan 30 kendaraan lapis baja lagi untuk mendukung perang melawan invasi Rusia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles, kepada televisi ABC, Kamis (27/10).

“Kami sadar bahwa Ukraina sekarang perlu didukung dalam jangka panjang. Jika kami ingin menempatkan Ukraina pada posisi di mana ia dapat menyelesaikan konflik ini dengan caranya sendiri,“ katanya.

Marles menyebut, pasukan Australia, yang akan tiba di Inggris pada Januari mendatang, akan bergabung dengan latihan internasional yang dipimpin Inggris. Tetapi tidak akan memasuki zona perang di Ukraina.

Australia, salah satu kontributor non-NATO terbesar untuk dukungan Barat untuk Ukraina, sejauh ini juga telah memasok bantuan peralatan pertahanan dan telah melarang ekspor alumina serta bijih aluminium, termasuk bauksit, ke Rusia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba berterima kasih kepada Australia atas bantuan terbaru.

“Kendaraan lapis baja (The Bushmaster) telah menunjukkan hasil yang sangat baik di medan perang dan kami meminta lebih banyak dari mereka. Kami akan selalu mengingat dukungan Australia!,” katanya dalam sebuah tweet.

 

 

 

Artikel Terkait