Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah yang Diduduki Rusia

Forumterkininews.id, Kharkiv- Pasukan Ukraina telah merebut kembali sebagian wilayah yang dikuasai Rusia. Hal itu ketika melakukan serangan balasan di bagian selatan.

Melansir IndianExpress, Lembaga think tank Institute for The Study of War Washington menyebut pasukan Ukraina di wilayah Kharkiv kemungkinan mengeksploitasi realokasi pasukan Rusia ke daerah-daerah dekat kota Kherson yang diduduki.

Hal itu untuk melakukan serangan balasan oportunistik namun sangat efektif  di provinsi tersebut.

“Pasukan Ukraina kemungkinan menggunakan “kejutan taktis” untuk maju setidaknya 12 mil (20 kilometer) ke wilayah yang dikuasai Rusia di wilayah Kharkiv pada hari Rabu,” kata laporan itu.

“Mereka berusaha merebut kembali sekitar 155 mil persegi (400 kilometer persegi) tanah,” kata laporan itu.

Sementara itu, Vitaly Ganchev, walikota kota Kupiansk yang didukung Moskow mengatakan bahwa pihak berwenang telah mulai mengevakuasi wanita dan anak-anak dari kota dan daerah sekitarnya.

Pasalnya, Ukraina terus melakukan serangan ke wilayah tersebut.

Operasi Ukraina yang sedang berlangsung di dekat Kherson telah memaksa pasukan Rusia untuk mengalihkan fokus mereka ke selatan.

Menurut laporan Institute for the Study of War, yang memungkinkan pasukan Ukraina untuk meluncurkan serangan balik lokal namun sangat efektif di dekat Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Sementara itu, ketegangan terus membara di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa

Di mana Ukraina dan Rusia saling menuduh mengancam bencana nuklir dengan menembaki di dekat fasilitas itu.

Artikel Terkait