Populasi Manusia di Bumi Capai 8 Miliar

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebuah proyeksi yang dikeluarkan oleu Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) mencatat bahwa populasi manusia di bumi saat ini mencapai 8 miliar.

“Tonggak sejarah ini kesempatan untuk merayakan keragaman dan kemajuan. Sambil mempertimbangkan tanggung jawab bersama umat manusia untuk planet ini,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dikutip AFP, Rabu (16/11).

PBB mengaitkan pertumbuhan dengan pembangunan manusia. Dimana orang-orang hidup lebih lama berkat peningkatan kesehatan masyarakat, nutrisi, kebersihan pribadi, dan obat-obatan.

Ini juga merupakan hasil tingkat kesuburan yang lebih tinggi. Terutama di negara-negara termiskin di dunia yang sebagian besar berada di Afrika sub-Sahara. Kawasan tersebut menempatkan tujuan pembangunan mereka dalam bahaya.

Akan tetapi, saat beberapa orang khawatir bahwa delapan miliar manusia terlalu banyak untuk planet Bumi, sebagian besar ahli justru mengatakan masalah yang lebih besar adalah konsumsi sumber daya yang berlebihan oleh orang-orang terkaya.

“Beberapa menyatakan keprihatinan bahwa dunia kita kelebihan penduduk,” kata kepala Dana Kependudukan PBB Natalia Kanem.

“Saya di sini untuk mengatakan dengan jelas bahwa banyaknya nyawa manusia bukanlah alasan untuk takut.”imbuhnya.

Diketahui, populasi manusia saat ini tiga kali lebih tinggi dari 2,5 miliar jumlah penduduk global pada tahun 1950.

PBB juga memproyeksikan populasi terus tumbuh menjadi sekitar 8,5 miliar pada tahun 2030, 9,7 miliar pada tahun 2050, dan memuncak sekitar 10,4 miliar pada tahun 2080-an.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...