RSUD Tamansari Buka Konsultasi Jiwa Pascapemilu, 40 Pendaftar, 5 di Antaranya Timses

FTNews – Pemilu 2024 usai. RSUD Tamansari, Jakarta Barat siap menerima konsultasi indikasi gangguan mental dari caleg, tim sukses caleg, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), fans fanatik dan partisipan pemilu.

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Ngabila Salama mengatakan, layanan ini RSUD Tamansari siapkan dari Senin-Sabtu pukul 12.00-21.00 WIB sesuai jadwal praktik psikiater.

“Untuk pendaftaran dapat menghubungi 085892481576. Tarif pasien umum konseling dengan psikiater Rp60.000 saja. Jika ada rujukan BPJS dari FKTP(fasilitas kesehatan tingkat pertama) maka gratis,” kata Ngabila di Jakarta, Kamis (15/2).

Hingga, Kamis (15/2) RSUD Tamansari lanjut Ngabila mencatat sudah ada 40 orang mendaftar mendapat layanan ini. Di antaranya lima orang tertulis di kolom institusi sebagai tim sukses caleg di bit.ly/skriningjiwarsudtamansari.

Selain itu mereka pun akan membuka layanan uji stres gratis (biasanya berbayar Rp250.000) pada Selasa 20 Februari 2024.

Layanan gratis ini mereka lakukan dengan menggandeng RS Soeharto Heerdjan. Nantinya akan ada interpretasi hasil tes canggih oleh psikiater dan psikolog klinis dan sekaligus penyuluhan.

Selain itu RSUD Tamansari juga akan membuka layanan konsultasi online by zoom selama 15 menit per pasien sebagai penapisan awal kasus.

Dari situ pihak RSUD akan memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Tamansari untuk konseling lanjutan dan pengobatan atau tidak.

Penampakan pemasangan baliho caleg di wilayah Pasar Minggu, pada Selasa (16/1/2024). Foto: FTNews/Adinda Ratna Safira

Kesehatan Mental

Ngabila yang juga Staf Teknis Komunikasi Transformsi Kesehatan Kementerian Kesehatan ini menegaskan pentingnya pengendalian penyakit termasuk kesehatan mental.

Ada beberapa langkah untuk mencegah gangguan kesehatan  mental antara lain membaca rutin tentang kesehatan mental dari sumber yang valid.

“Selalu berpikir positif dan mengambil hikmah positif dari setiap peristiwa,” imbuhnya.

Selanjutnya menerapkan konsep ⁠CERIA sesuai anjuran Kementerian Kesehatan. CERIA ini yakni cerdas intelektual, spiritual, emosional, empati, rajin ibadah, interaksi yang bermanfaat, dan asah asih asuh pada keluarga.

BACA JUGA:   Ahli Uji Coba Transplantasi Jantung dan Ginjal Babi ke Tubuh Manusia
Layanan di RSUD Tamansari, Jakarta Barat. Foto: RSUD Tamansari

Konseling dini ke ahlinya lewat psikoterapi supportif bisa mencegah komplikasi gangguan mental yang berujung pada konsumsi obat seumur hidup.

Pada gangguan ringan psikiater akan mengombinasikan psikoterapi supportif dengan obat dosis rendah dalam jangka waktu singkat.

“Jangan malu atau takut distigma untuk konsultasi online atau langsung ke psikolog atau psikiater,” imbuhnya.

Contoh gangguan ringan yang Ngabila maksud antara lain cemas, insomnia, depresi, impulsif, gangguan mood, kelelahan, kehilangan minat, overthinking, dan lainnya.

“RSUD Tamansari pada kondisi tertentu yang terkontrol juga merawat kasus gangguan jiwa di rawat inap. Seperti Skizofrenia, Skizoafektif, Bipolar, Gangguan mental organik, dan lainnya,” tuturnya.

Tetapi jika tidak memungkinkan akan mereka rujuk ke rumah sakit jiwa RS Soeharto Heerdjan atau RSKD Duren Sawit.

Subscribe

Artikel Terkait

Waspada, Ini 5 Efek Samping Minum Collagen Cair

FTNews - Berkembangnya industri kecantikan menimbulkan berbagai macam perawatan...

Lebih Sehat Mana Antara Susu Kambing, Sapi, dan Kerbau?

FTNews - Diskusi soal lebih sehat mana antara susu...

Menghambat Penuaan, Olahraga Ini Perlu Dilakukan

FTNews - Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada...

Tim Dokter Asing di Sumut, Selamatkan Warga Kurang Mampu

FTNews - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta...

Pola Makan Memengaruhi Kerja Otak, Benarkah?

FTNews - Kita mungkin sadar bahwa isi perut dan...