14 Penumpang Pesawat yang Hilang di Nepal Ditemukan

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim SAR Nepal menemukan puing-puing pesawat pembawa 22 orang yang hilang hari Minggu lalu. Pesawat itu ditemukan di sebuah lereng gunung. Dalam keterangan militer Nepal, pesawat itu jatuh di wilayah Sanosware, distrik Mustang. Distrik itu berada dekat dari wilayah tujuan pesawat, Jomsom, yang berlokasi 200 km dari ibukota Nepal, Kathmandu.

Sebuah foto udara yang diposting tentara di Twitter dari lokasi kecelakaan juga menunjukkan bagian-bagian pesawat tersebar di sekitar lereng gunung.

“Puing-puing pesawat yang membawa 22 orang yang hilang di pegunungan Nepal ditemukan Senin berserakan di lereng gunung,” ujar tentara dikutip Associated Press.

Sementara itu, kantor berita AFP melaporkan sebanyak 14 mayat telah ditemukan dari puing-puing pesawat tersebut.

“Empat belas mayat telah ditemukan sejauh ini, pencarian terus dilakukan untuk sisanya. Cuaca sangat buruk tetapi kami dapat membawa tim ke lokasi kecelakaan. Tidak ada penerbangan lain yang memungkinkan,” kata juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Nepal Deo Chandra Lal Karn kepada AFP.

Sebelumnya dikabarkan pesawat Twin Otter De Havilland Canada DHC-6-300 milik Tara Air itu dilaporkan hilang lima menit sebelum mendarat di Jomsom. Pesawat itu berangkat dari bandara Pokhara.

Cuaca buruk diduga menjadi penyebab. Kantor cuaca mengatakan telah terjadi awan tebal di daerah Pokhara-Jomsom sejak pagi.

Maskapai mengatakan pesawat itu membawa empat orang India, dua orang Jerman dan 16 orang Nepal, termasuk tiga awak. Sementara situs pelacak penerbangan Flightradar24 mengatakan pesawat yang hilang, dengan nomor registrasi 9N-AET, melakukan penerbangan pertamanya pada April 1979.

Nepal, rumah bagi delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia termasuk Everest, memiliki rekor kecelakaan udara. Cuacanya dapat berubah secara tiba-tiba dan landasan terbang biasanya terletak di daerah pegunungan yang sulit dijangkau.

Artikel Terkait