Presiden FIFA: Argentina Siap Gantikan Indonesia

Forumterkininews.id, Jakarta – Argentina telah mengajukan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pengganti Indonesia, yang haknya dicabut untuk menggelar event dua tahunan ini.

Presiden FIFA Gianni Infantino, mengungkapkan Argentina menjadi satu-satunya negara yang mengajukan penawaran resmi. Selanjutnya FIFA segera memutuskan apakah akan menerima proposal Argentina tersebut dalam dua atau tiga hari ke depan.

“Kita semua tahu sepak bola Argentina, dan pasti mereka  bisa menjadi tuan rumah kompetisi tingkat ini,” kata Infantino pada konferensi pers di Paraguay, Kamis (30/3). Infantino berada di Paraguay menghadiri Kongres Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) yang akan berlangung mulai Jumat (31/3) ini.

“Ada negara-negara lain yang juga telah menyatakan minatnya. Namun, sebagai pencalonan, dengan jaminan pemerintah dan perincian lainnya, Argentina adalah yang pertama dan kami akan membuat keputusan dalam dua atau tiga hari,” lanjut Ingfantino, dikutip espn.

Sebagaimana diketahui, FIFA mencopot hak Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah munculnya polemik terkait adanya penolakan keikutsertaan Israel, nagara yang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Sebelumnya FIFA juga telah membatalkan drawing pembagian grup yang semula akan dilaksanakan di Bali, 31 Maret 2023 menyusul penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Israel mendukung Argentina menjadi tuan rumah. Sebagai negara peraih juara dunia mereka pantas mendapatkannya. Ini adalah negara yang sangat bagus dan besar dengan fasilitas yang sangat baik. Saya berharap mereka juga dapat menyelenggarakan Piala Dunia 2030,” kata Duta Besar Israel untuk Argentina, Eyal Sela.

Argentina merupakan negara yang telah 6 kali menjuarai Piala Dunia U-20 serta satu kali sebagai runner-up. Gelar juara dunia pertama mereka raih pada tahun 1979 di Jepang. Ketika itu Argentina yang diperkuat Diego Maradona berhasil mengalahkan Uni Soviet 3-1. Sedangkan lima gelar lainnya mereka raih pada 1995, 1997, 2001, 2005, dan 2007, serta runner-up 1983.

BACA JUGA:   Tim U-17 Indonesia Harus Punya Nyali Lawan Tim Tangguh

Sementara untuk urusan tuan rumah, Argentina pernah merasakannya pada tahun 2001 saat mereka meraih juara untuk ketiga kalinya setelah mengalahkan Ghana 3-0.

Pada Piala Dunia U-20 tahun ini Argentina gagal bersaing pada babak kualifikasi zona Concacaf. Argentina yang bersaing pada babak penyisihan Grup A bersama Brasil, Kolombia, Paraguay, dan Peru hanya puas berada di peringkat keempat dengan meraih 1 kemenangan dan 3 kali kalah. Hasil itu membuat Argentina gagal melangkah ke babak berikutnya.

Artikel Terkait