Irjen Karyoto Resmi Jabat Kapolda Metro Jaya Gantikan Irjen Fadil Imran

Forumterkininews.id, Jakarta – Deputi Penindakan KPK, Irjen Pol Karyoto resmi dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran. Pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (31/3).

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

“Upacara serah terima jabatan pada hari ini dipimpin langsung oleh Kapolri,” kata Ranadhan.

Irjen Karyoto menggantikan Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya. Irjen Fadil dipromosikan menjadi Kabaharkam Polri dan dinaikan pangkat menjadi jenderal polisi bintang tiga.

Usai dilantik, Karyoto enggan berbicara banyak kepada awak media. Ia mengatakan saat ini mantan anak buah Ketua KPK Firli Bahuri ini akan belajar terlebih dahulu kepada pejabat lama di Polda Metro.

“Nanti ya saya masih belajar dulu dari pejabat lama,” kata Karyoto kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3).

Saat ditanya lebih lanjut oleh awak media, Karyoto langsung berjalan kaki untuk menaiki mobil yang telah terparkir di dalam Mabes Polri. Karyoto dikawal beberapa ajudan dan Kapolres Jakarta Selatan.

Diketahui, Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa kapolda lain, yakni Kapolda Metro Jaya yang kini dipimpin Irjen Pol Karyoto. Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Agus Nugroho, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika. Kemudian Kapolda Gorontalo dijabat Irjen Pol Angnesta Romano Yoyol, Kapolda Kalimantan Barat dijabat Irjen Pol Pipit Rismanto. Serta Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Sementara untuk PJU yang dilantik, Kalemdiklat Polri diemban oleh Komjen Pol Purwadi Arianto menggantikan Komjen Pol Rycko Amelza Daniel yang dimutasi di luar struktur yang disiapkan sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

Artikel Terkait