H-6 Lebaran, 23.600 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebanyak 23.600 pemudik berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Minggu (16/4) atau H-6 Lebaran dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi.

Berdasarkan pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Minggu 16 April 2023, volume penumpang yang menggunakan kereta api sudah mengalami peningkatan.

“Untuk hari ini sekitar 23.600 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop 1) Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4).

‘Sementara untuk di Stasiun Gambir volume penumpang berangkat pada Minggu mencapai sekitar 15.000 dengan layanan 38 KA (Kereta Api) beroperasi,” sambungnya.

Secara total, keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta, termasuk Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir mencapai 93 persen.

Menurut data per Minggu, sekitar 565 ribu tiket untuk pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir sudah terjual. PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan hingga 1 juta tiket untuk keberangkatan H-10 (12 April 2023) sampai H+10 (3 Mei 2023).

“Untuk saat ini, sekitar 565 ribu di antaranya (dari 1 juta tiket) itu sudah terjual di mana mayoritas tiket-tiket yang sudah dipesan atau sudah dijual tersebut memesan untuk keberangkatan pra-Lebaran,” ujar Eva.

Eva menambahkan bahwa tiket kereta untuk angkutan mudik Lebaran 2023 masih tersedia untuk dapat dibeli masyarakat. Namun hanya pada jadwal keberangkatan sekitar 24 April 2023 hingga 3 Mei, mengingat ketersediaan kursi penumpang untuk jadwal keberangkatan pra-Lebaran rata-rata sudah penuh.

Menurut KAI Daop 1 Jakarta, jadwal keberangkatan pra-Lebaran seperti H-5 (14 April 2023) sampai dengan H2 Lebaran (23 April 2023) merupakan jadwal favorit penumpang dengan tingkat okupansi mencapai 90-100 persen.

BACA JUGA:   H-3 Lebaran, Terminal Kalideres Mulai Diserbu Pemudik

“Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 sampai H+2 lebaran atau 14 s.d 23 April 2023,” jelasnya.

Volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada 21 April 2023, yang diprediksi menjadi puncak arus mudik di stasiun Daop 1 Jakarta.

“Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 21 April 2023,” tuturnya.

Beberapa kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang kereta dari Daop 1 Jakarta diantaranya termasuk Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 303 KA tambahan yang tiketnya sudah bisa dipesan sejak 13 Maret 2023.

Kereta Api tambahan itu tersedia untuk tujuan perjalanan mudik favorit penumpang seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

Artikel Terkait

Daridesa.id Bantu Petani Dusun Sawah, Rejang Lebong Berhilirisasi

FTNews - Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan keanekaragaman...

Nuansa Hutan Avatar di IKN Nusantara

Forumterkininews.id, BALIKPAPAN – Anda bisa tak berkedip menyaksikan ilusi...

Mudik 2023 Lancar, DPR Apresiasi Kinerja Polri

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad...

Mudik Lebaran Berakhir, Polisi Tutup Operasi Ketupat 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri resmi menutup kegiatan operasi...

Antisipasi Kemacetan Hari Terakhir Liburan, Polisi Perpanjang One Way

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan...