Macet Panjang, Tol MBZ Diberlakukan Buka Tutup

Forumterkininews.id, Jakarta – Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) diberlakukan buka tutup untuk mengurai kemacetan panjang dan menghindari penumpukan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dari KM 15, hingga KM 48.

“Sumber arus bangkitan saat ini belum nampak, namun ekor kepadatan masih berada di KM 15 Bekasi Timur, dan Jalan Layang MBZ masih dilakukan buka/tutup untuk minimalisir kepadatan di pertemuan arus KM 48,” kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way dan Contra flow 2 lajur di Km 36, tol Jakarta-Cikampek (Japek). Bahkan melakukan pemantauan melalui udara menggunakan helikopter di jalan layang MBZ, tol Japek.

“Hasil pantauan udara arus mudik Karo Penmas pukul 13.40 WIB dari KM 42 jalan tol layang MBZ dan diberlakukan contra flow 2 lajur dari KM 36 sampai Km 65,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (19/4).

Ia menyebut untuk mengurai kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek, pihak kepolisian memperpanjang lajur contra flow dari KM 36 hingga KM 70. Sebelumnya contra flow berlaku dari KM 48 hingga KM 70.

“Berdasarkan hal tersebut di atas maka rekayasa lalulintas one way di hari kedua mudik yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 WIB hari ini (19 April 2023), masih akan terus dilanjutkan,” tuturnya.

“Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berkahir pada Rabu, 19 April 2023 pukul 24.00 WIB,” sambungnya.

Meski demikian, Ramadhan mengatakan keputusan itu belum final. Pihaknya masih akan melihat kondisi di lapangan.

“Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran one way masih terdapat peningkatan volume lalulintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalulintas one way (dapat dilanjutkan atau diakhiri dan lalu lintas kembali normal 2 arah),” kata dia.

Artikel Terkait

Daridesa.id Bantu Petani Dusun Sawah, Rejang Lebong Berhilirisasi

FTNews - Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan keanekaragaman...

Nuansa Hutan Avatar di IKN Nusantara

Forumterkininews.id, BALIKPAPAN – Anda bisa tak berkedip menyaksikan ilusi...

Mudik 2023 Lancar, DPR Apresiasi Kinerja Polri

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad...

Mudik Lebaran Berakhir, Polisi Tutup Operasi Ketupat 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri resmi menutup kegiatan operasi...

Antisipasi Kemacetan Hari Terakhir Liburan, Polisi Perpanjang One Way

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan...