Kapolda Sarankan Pemudik Bawa Anak Tidak Gunakan Motor

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Trunoyudo menyarankan para pemudik lebaran Idul Fitri 2023 yang memiliki anak agar tidak menggunakan sepeda motor.

“Kami sangat sarankan kalau membawa anak kecil tidak untuk memilih moda kendaraan roda dua,” kata Karyoto, dalam keterangannya, Rabu (19/4) malam.

Karyoto mengkhawatirkan para pemudik yang mengenakan sepeda motor. Sebab langsung berhadapan dengan angin yang dapat mengakibatkan masuk angin.

“Dan kearah Timur pun yang Kami sebenarnya yang sangat khawatir adalah pemudik dengan moda tranportasi roda dua. Karena roda dua ini kan badan langsung berhadapan dengan angin,” ucap Karyoto.

Selain itu, ia juga berpergian jarak jauh dengan membawa beban yang berlebihan menggunakan sepeda motor dapat mengganggu konsenterasi. Ini yang berpotensi terjadinya laka lantas.

“Kemudian kalau dia membawa beban di belakang berlebihan tentu akan menganggau konsentrasi,” ungkap Karyoto.

Sekedar Informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, baik daerah maupun pusat, jumlah pemudik Lebaran 2023 ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni mencapai 123 juta orang. Sebelumnya tercatat hanya sekitar 86 juta orang.

Menurut Presiden Jokowi, tujuan utama para pemudik adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Ketiga daerah provinsi tersebut, lanjut dia, semuanya harus bersiap-siap menyambut pemudik. Karena kurang lebih sekitar 123 juta masyarakat akan bersama-sama mudik ke daerah.

“Pemudik pada tahun sebelum mencapai 86 juta orang dan tahun ini, diperkirakan mencapai 123 juta orang. Kami ingatkan hati-hati dengan angka ini,” kata Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Pasar Rakyat Cepogo Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4), mengutip Antara.

Presiden Jokowi menyampaikan sudah memperingatkan Menteri Perhubungan (Menhub), Kapolri, Menteri BUMN terkait transportasi laut, para gubernur, bupati, dan wali kota.

BACA JUGA:   Polsek Pasar Minggu Sediakan Penitipan Kendaraan Gratis

“Hal ini, betul-betul menyiapkan diri karena melompat jumlahnya dari 86 juta menjadi 123 juta pemudik,” ujar Presiden Jokowi.

Artikel Terkait

Daridesa.id Bantu Petani Dusun Sawah, Rejang Lebong Berhilirisasi

FTNews - Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan keanekaragaman...

Nuansa Hutan Avatar di IKN Nusantara

Forumterkininews.id, BALIKPAPAN – Anda bisa tak berkedip menyaksikan ilusi...

Mudik 2023 Lancar, DPR Apresiasi Kinerja Polri

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad...

Mudik Lebaran Berakhir, Polisi Tutup Operasi Ketupat 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri resmi menutup kegiatan operasi...

Antisipasi Kemacetan Hari Terakhir Liburan, Polisi Perpanjang One Way

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan...