Salat Idul Fitri, Warga Bandung Padati Masjid Al Jabbar

Forumterkininews.id, Bandung – Ribuan warga dari berbagai wilayah di Bandung, Jawa Barat, mengikuti Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Al Jabbar. Ridwan Kamil pun sampaikan sebuah pesan.

Dilaporkan Antara, Salat Id digelar pada hari , Sabtu (22/4) pagi WIB itu, hanya di area luar bangunan.

“Mari kita Salat Idul Fitri. Karena syariatnya Idul Fitri ini selesai kalau kita salat dan dengarkan khutbah,” kata Ridwan Kamil.

Meski demikian, panitia dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) meminta agar para warga melepas sandalnya. Hal itu harus sudah dilakukan sebelum memasuki ke area tempat salat.

Selain itu, masyarakat juga diperkenankan hanya membawa sajadah atau alas untuk shalat lainnya dan dilarang membawa kertas atau koran sebagai alas. Masyarakat yang mengikuti shalat Id di masjid itu pun meluber hingga ke area parkiran kendaraan.

Pada pelaksana salat Idul Fitri di area Masjid Raya Al Jabbar itu, KH Rifat Aby Syahid (pengasuh pondok pesantren di Cicalengka) ditunjuk sebagai imam. Kemudian Prof Mahmud (Rektor UIN Bandung) menjadi khatib.

Ridwan Kamil pun menyampaikan kepada masyarakat yang hadir bahwa masjid tersebut sudah direncanakan untuk dibangun sejak tujuh tahun.

Masjid Raya Al Jabbar, kata dia, kini berperan sebagai masjid tingkat provinsi. Sebelumnya, menurutnya status masjid tingkat Provinsi Jawa Barat itu ikut ke Masjid Raya Bandung.

“Masjid raya yang puluhan tahun Jawa Barat tidak punya, karena selama ini Jabar nebeng ke Masjid Agung Bandung,” sambungnya.

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Polda Sumut Sukses Amankan Closing Ceremony PON XXI 2024

FT News - Polda Sumut sukses amankan Closing Ceremony...