Deretan Negara yang Evakuasi Warganya dari Sudan

Forumterkininews.id, Khartoum- Saat pertempuran yang terus berlanjut menimbulkan kekhawatiran bahwa Sudan akan terjerumus lebih dalam pada kekacauan, pemerintah asing berebut untuk menyelamatkan diplomat mereka dan warga negara lainnya dengan selamat.

Sebagian besar negara bahkan  mengerahkan pesawat angkut militer untuk menerbangkan warganya. Melansir AP,  berikut deretan negara yang mengevakuasi warganya dari Sudan.

Amerika Serikat 

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pada Senin, (24/4) bahwa AS  telah mulai memfasilitasi keberangkatan darat bagu sekitar 16.000 warga negaranya yang ingin meninggalkan Sudan dengan menggunakan aset intelijen, pengawasan dan pengintaian.

Inggris

Sekitar 1.200 tentara Inggris  membantu mengevakuasi sekitar 30 staf diplomatik Inggris dan keluarga mereka keluar dari Sudan. Operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk menerbangkan para pengungsi pulang dari Sudan melalui Siprus.

Menteri Inggris, Andrew Mitchell, mengatakan sekitar 2.000 warga Inggris yang masih berada di Sudan telah mendaftar ke kedutaan  untuk dievakuasi.

Perancis

Para pejabat mengatakan Prancis telah mengevakuasi 491 orang, termasuk warga negara dari 36 negara, dalam penerbangan ke Djibouti di Tanduk Afrika terdekat. Mereka termasuk 23 warga negara Sudan yang merupakan anggota keluarga atau memiliki hubungan lain dengan orang asing yang dievakuasi dan 38 warga negara Niger.

Jerman

Empat pesawat  militer Jerman menerbangkan lebih dari 400 orang dari Sudan ke Yordania. Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan negaranya telah mengevakuasi warga dari 20 negara selain negaranya sendiri, dan akan berusaha untuk terus melakukannya.

Turki

Pemerintah Turki mengatakan sedang mengevakuasi ratusan warganya melalui darat ke Ethiopia, dimana mereka dijadwalkan akan diterbangkan ke Istanbul.

Jepang

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan delapan orang Jepang, termasuk pejabat kedutaan dan keluarga mereka, diterbangkan dari pangkalan udara di Khartoum utara oleh militer Prancis. Pasukan pertahanan Jepang telah mengevakuasi 45 orang lainnya ke Djibouti terdekat.

BACA JUGA:   Dinilai Tak Optimal, Zelenskyy Ganti Sejumlah Duta Besarnya

Palestina

Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengatakan sekitar 72 warga Palestina telah pindah ke Port Sudan, sementara konvoi kendaraan membawa sekitar 200 warga Palestina ke Mesir.

Korea Selatan

Korea Selatan mengatakan sebuah bus yang mengangkut setidaknya 28 warga negaranya, termasuk staf kedutaan, telah memasuki bandara internasional Port Sudan di mana sebuah pesawat militer Korea Selatan menunggu untuk menerbangkan mereka ke Jeddah, Arab Saudi.

 

Artikel Terkait