Latihan Gabungan AL Singapura, China Kirim Kapal Perang

Forumterkininews.id, Singapura- Militer China telah mengirimkan sepasang kapal angkatan laut untuk ikut serta dalam latihan bersama dengan angkatan laut Singapura dan bergabung dalam pameran keamanan maritim regional.

Melansir AP, latihan yang dimulai pada Jumat, (28/4)  itu dilakukan di tengah kehadiran China yang semakin meningkat di Laut China Selatan, yang diklaimnya berdaulat hampir secara keseluruhan.

Saluran militer televisi pemerintah mengidentifikasi kapal-kapal yang dikirim sebagai fregat peluru kendali Yulin dan pemburu kapal penyapu ranjau Chibi. Mereka juga akan hadir untuk Pameran Pertahanan Nasional dan Keamanan Maritim IMDEX Asia 3-5 Mei, yang akan menampilkan 25 kapal perang dan peserta dari 62 negara.

Di tengah upaya China untuk membuat terobosan dengan negara-negara yang secara tradisional condong ke AS, Singapura telah mencari keseimbangan antara Washington dan Beijing yang bersaing, tetapi secara resmi tetap tidak bersekutu di tengah perebutan pengaruh militer dan ekonomi.

China juga secara resmi menghindari aliansi militer, tetapi semakin sering mengadakan latihan dengan Rusia, mitra utamanya dalam menantang dominasi Barat dalam urusan internasional.

Artikel Terkait