Paus Fransiskus Temui Ratusan Pengungsi Ukraina

Forumterkininews.id, Budapest – Paus Fransiskus bertemu dengan para pengungsi Ukraina di hari kedua kunjungannya ke Hongaria.

Paus bertemu sekitar 600 pengungsi, tunawisma, dan warga miskin pada Sabtu, (29/4) dalam kunjungan ke gereja Budapest.

Saat kedatangannya, ia  dihibur oleh band penyanyi Roma Hungaria yang mengenakan pakaian bermotif bunga dan tampak menikmati musik saat mereka mengelilinginya sementara dia duduk di kursi rodanya.

Sebelumnya, dia mendengarkan ketika seorang pengungsi, Oleg Yakovlev, menceritakan bagaimana dia dan istrinya, Lyudmila, dan kelima anak mereka harus meninggalkan kota asal mereka di Dnipro setahun yang lalu setelah pengeboman Rusia.

“Kami disambut di sini dan kami telah menemukan rumah baru (tetapi) banyak yang masih menderita dan menderita karena perang,” kata Yakovlev kepada paus, menggambarkan perjalanan panjang keluarga itu ke Hungaria dikutip Reuters.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, jutaan pengungsi telah melarikan diri melalui Eropa Tengah, termasuk Hungaria, dan pindah ke negara lain. Sekitar 35.000 telah mengajukan status perlindungan sementara di Hungaria.

Artikel Terkait