Konflik Tak Berujung, PBB Kirim Utusan ke Sudan

Forumterkininews.id, Khartoum- Pejabat tinggi kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sedang menuju ke wilayah Sudan. Karena dampak konflik yang berlangsung cepat di sana dan dampaknya yang lebih luas.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengumumkan hal itu pada Minggu, (30/4) tak lama setelah pasukan saingan Sudan mengumumkan perpanjangan gencatan senjata yang sebagian besar telah mereka langgar.

Juga bersamaan ketika pesawat tempur meraung di atas kepala dan pertempuran berlanjut di ibu kota Sudan, Khartoum.

Baca Juga : Warga Sudan Antre Larikan Diri ke Mesir

“Skala dan kecepatan dari apa yang terungkap belum pernah terjadi sebelumnya di Sudan. Kami sangat prihatin dengan dampak jangka pendek dan jangka panjang pada semua orang di Sudan, dan wilayah yang lebih luas,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Guterres, di sebuah pernyataan dikutip AP.

Dia mengatakan Sekjen PBB “segera” mengirim Martin Griffiths, koordinator bantuan daruratnya, mengingat krisis kemanusiaan yang memburuk dengan cepat di Sudan.

Diketahui, permusuhan mematikan antara tentara dan paramiliter bersenjata berat di Khartoum dan bagian lain negara itu telah memasuki minggu ketiga.

Lebih dari 500 orang tewas dan puluhan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka ke lokasi yang lebih aman. Baik di dalam negeri atau di luar negeri sejak pertempuran meletus pada 15 April lalu.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...