Mogok Makan 3 Bulan, Tahanan Palestina Tewas di Penjara Israel

Forumterkininews.id, Gaza- Seorang tahanan Palestina meninggal dalam tahanan Israel pada Selasa (2/5). Hal ini dia setelah mogok makan hampir tiga bulan.

Khader Adnan, pemimpin kelompok militan Jihad Islam Palestina, adalah tahanan Palestina pertama yang meninggal sejak narapidana Palestina mulai melakukan mogok makan sekitar satu dekade lalu.

Melansir AP, kematiannya meningkatkan potensi kekerasan baru antara Israel dan kelompok militan Palestina saat kekerasan melonjak di Tepi Barat.

Tak lama setelah kematiannya diumumkan, militan Palestina di Jalur Gaza menembakkan roket ke Israel selatan. Warga Palestina menyerukan pemogokan umum di Tepi Barat dan Jalur Gaza, dan protes diperkirakan terjadi di kemudian hari.

Tahanan Palestina selama bertahun-tahun melakukan mogok makan yang panjang untuk memprotes penahanan mereka dan untuk mencari konsesi dari Israel.

Taktik itu telah menjadi jalan terakhir untuk perlawanan terhadap apa yang dilihat orang Palestina sebagai penahanan yang tidak adil. Para tahanan sering sakit parah karena menolak makanan, tetapi kematian jarang terjadi.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...