PBB: Kebebasan Pers Diserang Seluruh Penjuru Dunia

Forumterkininews.id, New York- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyebut kebebasan pers saat ini telah diserang di setiap penjuru dunia.

Hal ini diungkapkannya menjelang Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh pada konferensi pers di New York, Rabu (3/5). Guterres sekaligus mengeluarkan seruan untuk jurnalis dan media di seluruh dunia.

“Semua kebebasan kita bergantung pada kebebasan pers. Tetapi di setiap sudut dunia, kebebasan pers sedang diserang,” katanya.

Guterres tidak menyebutkan nama jurnalis yang dipenjara atau menyalahkan negara, tetapi pembicara lain menyoroti kasus individu, seperti reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich yang ditahan Rusia dengan tuduhan spionase.

“Kebenaran terancam oleh disinformasi dan ujaran kebencian, berusaha mengaburkan batas antara fakta dan fiksi, antara sains dan konspirasi,” imbuh Guterres dikutip AFP.

Jurnalis, tambahnya, secara rutin tela banyak dilecehkan, diintimidasi, ditahan, dan di penjara.

“Jurnalisme profesional, bebas, dan independen. lebih diperlukan dari sebelumnya. Pelecehan dan intimidasi terhadap jurnalis tidak dapat diterima,”pungkasnya.

Artikel Terkait