Puan Siap Dorong Isu Perlindungan PMI pada KTT ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani siap mendorong isu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di forum pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT.

“Kita tidak bisa berjuang sendiri menyelesaikan permasalahan lintas negara, tentunya harus ada kolaborasi antar negara supaya memperoleh solusi yang efektif. Karena PMI seringkali menjadi korban perdagangan orang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” kata Puan dalam keterangannya, Senin (8/5).

KTT ASEAN katanya, merupakan forum yang tepat untuk mengangkat isu perlindungan pekerja migran dan kasus-kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Apalagi, banyak PMI yang bekerja di negara-negara ASEAN.

“Dengan adanya dialog terbuka bersama forum parlemen se-Asia Tenggara, saya mengharapkan ada kepastian dari negara-negara tujuan PMI agar polemik ini tidak berkelanjutan. Karena selama ini, pemerintah kesulitan apabila ada warga negara yang menjadi korban untuk memberikan perlindungan,” lanjutnya.

Puan sekali lagi menyebut, isu perlindungan PMI dan TPPO harus menjadi perhatian internasional karena semakin marak korban PMI akibat kekerasan dan TPPO pun juga terus bertambah.

Artikel Terkait