SOM Bahas Mengenai Prioritas Indonesia Selaku Keketuaan ASEAN

Forumterkininews.id, Labuan Bajo – Pertemuan Pejabat Senior ASEAN (SOM) membahas mengenai prioritas Indonesia selaku Keketuaan ASEAN.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Sidharto Reza Suryodipuro selaku SOM Leader Indonesia.

“Hubungan eksternal ASEAN, seperti aplikasi aksesi Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara,” katanya dalam konferensi pers di Labuan Bajo.

“Antara lain oleh Arab Saudi, Panama, dan Spanyol, juga turut dibahas dalam SOM,” tambahnya.

SOM merupakan salah satu agenda awalan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo. Pembahasan ini kemudian akan dilanjutkan pada pertemuan antara Menteri Luar Negeri, pada Selasa (9/5).

Rencana penyelenggaraan KTT ASEAN-Kanada, ASEAN Gulf Cooperation Council, dan Konferensi ASEAN Shared Civilization Values, juga turut menjadi topik pembahasan.

Selain SOM, telah diselenggarakan juga pertemuan ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor-Leste.

Kedua pertemuan dihadiri oleh sebelas negara anggota ASEAN, termasuk Timor-Leste sebagai anggota secara prinsip, serta Myanmar dengan perwakilan tingkatan non-politis.

Terkait keanggotaan Timor-Leste, kata Sidharto, telah dibahas peta jalan yang memuat unsur penting.

Seperti instrumen hukum, skema kontribusi finansial, dan penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara Timor Leste, dalam rangka mempersiapkan negara tersebut menuju partisipasi penuh di ASEAN.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...