Bertemu PM Malaysia, Jokowi Minta PMI Dilindungi

Forumterkininews.id, Labuan Bajo – Presiden Indonesia, Joko Widodo meminta kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim untuk melindungi pekerja migran Indonesia (PMI).

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi setelah mendampingi Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi kembali mengingatkan pentingnya optimalisasi One-Channel System. Serta pelindungan para pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia,” ujar Menlu Retno di Labuan Bajo, Rabu (10/5).

Sebagaimana diketahui, sampai sekarang ini pekerja migran Indonesia di Malaysia kerap masih mengalami kekerasan.

Sebagai upaya penguatan kerja sama kedua negara, PM Malaysia dikatakan Retno kembali menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Malaysia.

Selain dengan PM Malaysia, Kepala Negara juga menggelar pertemuan bilateral dengan PM Laos Sonexay Siphandone. Pertemuan keduanya sebagian besar membahas kerja sama ekonomi.

“Bapak Presiden menyampaikan beberapa kerja sama BUMN Indonesia dengan Laos. Antara lain kerja sama PLN dengan Electricité du Laos,” katanya.

“Kemudian pengadaan pesawat dari PT. DI untuk angkatan udara Laos, dan juga pengadaan kereta api dari PT. INKA untuk Petrotrade Laos Public Company,” ujar Menlu Retno.

Kedua Pemimpin juga menekankan pentingnya kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dalam memberantas trafficking-in-person yang saat ini sedang marak terjadi di negara-negara anggota ASEAN.

Artikel Terkait