Jokowi Berharap Isu Myanmar Tidak Hambat Pembangunan ASEAN

Forumterkininews.id, Labuan Bajo – Isu kekerasan sedang terjadi di Myanmar. Namun, Presiden Joko Widodo berharap hal tersebut tidak menghambat percepatan pembangunan negara-negara ASEAN.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Sesi Retret Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Meruorah Conventon Cener, Labuan Bajo.

“Yang ingin saya sampaikan, yang ingin saya pastikan adalah isu Myanmar tidak boleh menghambat percepatan pembangunan komunitas ASEAN,” kata Jokowi.

Sebelumnya, negara-negara anggota ASEAN menyatakan dukungan bagi upaya Indonesia. Hal ini untuk melanjutkan dialog dengan berbagai pemangku kepentingan di Myanmar. Lewat sebuah pernyataan bersama yang dirilis Rabu (10/5) kemarin.

Melalui pernyataan itu, negara-negara anggota juga mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo dalam merespons serangan yang baru-baru ini dialami Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana (AHA Centre) dan tim pemantau ASEAN di Myanmar.

“Kami mendukung upaya-upaya Ketua ASEAN, termasuk upaya Indonesia. Dalam melanjutkan keterlibatan para pemangku kepentingan di Myanmar, dan mendorong kemajuan implementasi Konsensus Lima Poin,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Jokowi juga menegaskan serangan terhadap rombongan AHA Centre dan tim pemantau ASEAN tidak akan menyurutkan tekad Indonesia. Hal ini untuk terus menyerukan penghentian kekerasan di Myanmar.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...