Tambahan 8.000 Kuota Haji 2023 Diprioritaskan untuk Lansia

Forumterkininews.id, Jakarta- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengungkapkan kuota tambahan calon jemaah haji tahun ini sebesar 8.000 dimanfaatkan untuk calon jemaah haji sesuai dengan daftar tunggunya. Terutama diprioritaskan untuk jemaah haji lansia.

“Saya berharap kuota tersebut dimanfaatkan untuk peserta haji regular yang saat ini sudah mencapai 221 ribu calon jemaah haji. Sesuai daftar tunggunya,” kata Ace.

“Kami juga memberikan catatan untuk kuota tambahan tersebut dipergunakan. Terutama untuk jemaah haji lansia,” tambahnya saat RDP Komisi VIII DPR dengan Menteri Agama, Rabu (17/5).

Menurut Ace, peruntukan jemaah lansia terbagi dalam dua hal yakni pertama bagi jemaah haji lansia mandiri, yang kedua diperuntukkan bagi jemaah lansia sesuai dengan nomor urut berikutnya.

“Kami juga mendukung jika penyerapan kuota tambahan tersebut memperhatikan pendamping calon jemaah haji lansia. Karena, jumlah jemaah haji lansia pada tahun ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya. Tahun ini Indonesia juga memberangkatkan jemaah lansia yang tidak dapat berangkat pada tahun lalu,”tandas Ace.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menegaskan , bahwa jika jemaah calon haji lansia tidak memiliki pendamping yang bisa berangkat ke tanah suci, maka Kementerian Agama wajib memberikan pelayanan pendamping, terutama dari aspek petugas.

Pasalnya, menurutnya tidak bisa jemaah haji lansia pergi tanpa pendamping, baik pendamping yang dari mahram-nya atau petugas haji. 

Artikel Terkait