Seperempat Juta Warga Somalia Ngungsi karena Banjir

Forumterkininews.id, Mogadishu- Seperempat juta orang di Somalia terpaksa meninggalkan rumah mereka. Setelah sungai Shabelle di Somalia tengah meluap dan menenggelamkan kota Beledweyne, Rabu (17/5).

Hujan musiman di Somalia dan hulu di dataran tinggi Ethiopia telah memicu banjir bandang yang menghanyutkan rumah, tanaman, dan ternak. Serta menutup sementara sekolah dan rumah sakit di Beledweyne, ibu kota wilayah Hiraan.

“Seketika seluruh kota terendam air. Beledweyne sendiri menjadi seperti lautan,” kata penjaga toko Ahmed Nur, yang bisnisnya hanyut, dikutip Reuters.

“Hanya atap rumah yang terlihat. Kami menggunakan perahu kecil dan traktor untuk menyelamatkan orang,” katanya.

Badan-badan bantuan dan ilmuwan telah memperingatkan bahwa perubahan iklim adalah salah satu faktor utama yang mempercepat keadaan darurat kemanusiaan. Sementara mereka yang terkena dampaknya adalah yang paling tidak bertanggung jawab atas emisi CO2.

Sejak pertengahan Maret banjir telah mempengaruhi lebih dari 460.000 orang di seluruh negeri dan menewaskan 22 orang, menurut kantor kemanusiaan PBB (OCHA).

Badan Penanggulangan Bencana Somalia mengatakan banjir di Beledweyne saja telah menyebabkan lebih dari 245.000 orang mengungsi.

Artikel Terkait