Uji Coba Rudal Antisatelit Milik Rusia Picu Perang Antariksa

Forumterkininews.id, Washington – Amerika Serikat (AS) mengecam uji coba rudal antisatelit milik Rusia yang dianggap berbahaya dan tidak bertanggung jawab pada Senin (15/11). Selain itu juga akan memicu perang antariksa.

Uji coba rudal tersebut termasuk meledakkan salah satu satelit Rusia sendiri, menciptakan awan puing yang memaksa kru Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk mengambil tindakan pengamanan.

Sementara pihak AS tidak diberitahu sebelumnya tentang uji coba itu. Uji coba ini menghidupkan kembali kekhawatiran tentang perlombaan senjata luar angkasa yang berkembang dan mencakup segala hal mulai dari pengembangan satelit yang mampu mengeluarkan satelit lain dari orbit hingga senjata laser.

“Pada 15 November 2021, Federasi Rusia secara sembrono melakukan uji coba destruktif rudal anti-satelit langsung terhadap salah satu satelitnya sendiri,” kata Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

Dia menambahkan uji coba telah menghasilkan lebih dari 1.500 keping puing orbital yang dapat dilacak dan kemungkinan akan membuat ratusan ribu keping puing orbital yang lebih kecil.

Blinken mengatakan bahaya uji coba tersebut masih jauh dari kata selesai.

“Puing-puing panjang yang diciptakan oleh uji coba berbahaya dan tidak bertanggung jawab ini sekarang akan mengancam satelit dan objek luar angkasa lainnya yang penting bagi kepentingan keamanan, ekonomi, dan ilmiah semua negara selama beberapa dekade mendatang,” tandasnya.

Artikel Terkait