Baut Kereta Cepat Dicuri, DPR: Butuh Pengamanan Total

Forumterkininews.id, Jakarta- Pihak PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan usai pencurian baut dan kabel proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

“Bayangkan kalau baut kereta itu dicuri, itu seperti apa efeknya? Ini memang butuh pengamanan total dan perhatian. Dan kita juga mengimbau masyarakat supaya secara bersama-sama ikut mengawasi prasarana yang disiapkan oleh pemerintah,” ujar Andi dalam keterangannya, Kamis (8/6).

Andi pun menyebut keamanan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini menjadi tugas bersama, bukan hanya pemerintah atau pihak KCIC tetapi masyarakat secara keseluruhan. Sanksi tegas dan keras pun perlu diterapkan terhadap oknum-oknum yang telah melakukan pencurian ini.

“Ini saya kira tindakan yang sangat tidak patut dan harus harus betul-betul diberi efek jera yang cukup tinggi. Karena nilai keuntungan yang bisa dihitung dengan mengambil baut rel kereta itu tidak seberapa dibandingkan nyawa orang yang dipertaruhkan,”tandasnya.

Diketahui, pencurian baut dan kabel rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan oleh seorang oknum petugas keamanan. Dengan lima rekannya di jalur kereta cepat di Desa Parungmulya, Ciampel, Karawang.

Polisi telah menangkap dan menyita barang bukti berupa satu karung tembaga kabel, baut rel, kunci dan lainnya. Kerugian atas pencurian ini diperkirakan mencapai 150 juta rupiah dan berbahaya karena berpotensi memicu terjadinya kecelakaan.

Artikel Terkait