Korut Kirim Senjata ke Rusia, AS Panik Bukan Main

Forumterkininews.id, Washington- Amerika Serikat bukan main. Pasalnya, Korea Utara berencana untuk mengirimkan lebih banyak senjata ke Rusia. Hal ini usai Kim Jong Un setuju meningkatkan kerja sama dengan Putin.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS menyebut, Korea Utara menyangkal telah menjual senjata ke Rusia untuk perangnya di Ukraina. Tapi, AS telah mengkonfirmasi Korea Utara telah menyelesaikan pengiriman senjata.

Yang di dalamnya termasuk roket infanteri dan rudal, ke kelompok tentara bayaran Wagner yang didukung Kremlin di November 2022.

“Kami khawatir DPRK berencana mengirimkan lebih banyak peralatan militer ke Rusia,” tambah juru bicara itu dikutip Reuters.

AS juga mengatakan pada bulan Maret  pihaknya mendapat informasi baru bahwa Rusia secara aktif berusaha untuk mendapatkan senjata tambahan dari Korea Utara. Dengan imbalan bantuan makanan.

Sebelumnya pada hari Senin, kantor berita negara KCNA Korea Utara mengatakan Kim Jong Un membuat janji dalam sebuah pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin menandai Hari Nasional Rusia.

Kim menyerukan kerja sama strategis yang lebih erat dengan Moskow, berpegangan erat dengan presiden Rusia. Sesuai dengan keinginan bersama rakyat kedua negara untuk memenuhi tujuan besar membangun negara yang kuat.

 

 

Artikel Terkait