Bentrok Antaretnis, Rumah Menteri India Dibakar Massa

Forumterkininews.id, Mumbai- Rumah seorang menteri federal India dibakar oleh massa di negara bagian Manipur, timur laut yang terpencil, usai bentrokan antara anggota kelompok etnis yang bersaing selama lebih dari sebulan.

Kantor menteri luar negeri RK Ranjan Singh membenarkan bahwa massa merusak dan membakar rumahnya di ibu kota Manipur, Imphal.

“Untungnya tidak ada pengasuh atau anggota keluarga yang terluka dalam serangan di rumah itu,” kata seorang pembantu Singh di New Delhi, dikutip Reuters, Sabtu (17/6).

Singh adalah menteri federal dalam pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi. Partai berkuasa Modi juga mengatur negara bagian Manipur.

Serangan itu terjadi setelah berminggu-minggu bentrokan sengit antara anggota kelompok etnis Kuki, yang sebagian besar tinggal di perbukitan, dan Meiteis, komunitas dominan di dataran rendah negara bagian itu.

Bentrokan antara kedua komunitas meletus pada 3 Mei, dipicu oleh kebencian atas keuntungan ekonomi dan kuota untuk akses mudah ke pekerjaan pemerintah dan pendidikan yang disediakan untuk Kukis.

Catatan kementerian dalam negeri federal terbaru menunjukkan 83 orang tewas dan lebih dari 60.000 warga mengungsi sejak Mei dalam kekerasan itu.

Organisasi masyarakat sipil dari komunitas Meitei dan Kuki mengatakan ratusan orang dari komunitas mereka terluka dan kehilangan tempat tinggal.

Artikel Terkait