Terbilang Canggih, Inggris Berlomba Cari Puing F35 dengan Rusia di Perairan Mediterania

Forumterkininews.id – Angkatan Laut Kerajaan Inggris berlomba mencari puing puing pesawat Jet F-35 RAF yang jatuh di perairan Mediterania, Rabu (17/11). Angkatan Laut Inggris harus bekerja ekstra cepat untuk menemukan pesawat jet canggih tersebut. Pasalnya, dari lokasi jatuhnya pesawat, Rusia bisa ikut mencari, lantaran kawasan tersebut merupakan zona bebas.

Jatuhnya pesawat tempur ke perairan internasional, memicu perebutan untuk bisa membuat pesawat jet generasi berikutnya dengan teknologi canggih terbaru.

Salah satu kecanggihan pesawat F35 adalah F-35 bisa terbang tanpa terdeteksi radar ataupun sensor di wilayah musuh dengan kecepatan supersonik.

Keunggulan lain dari pesawat tempur ini adalah bertipe single-seater, dapat mendarat secara vertikal dan hanya membutuhkan landasan pacu yang pendek untuk lepas landas.

Ini adalah kecelakaan dan kehilangan pertama Inggris atas armada F-35B RAF.

Seperti diketahui, sebuah pesawat tempur F35B RAF milik kapal induk terbesar Inggris jatuh dalam misi operasi penerbangan rutin di Laut Mediterania, Rabu (17/11) waktu setempat.

“Seorang pilot F35 Inggris dari kapal induk HMS Queen Elizabeth menggunakan kursi lontar untuk menyelamatkan diri.

Hingga kini otoritas keamanan dan pertahanan Inggris masih mencari penyebab jatuhnya peawat tempur buatan Amerika Serikat tersebut.

Artikel Terkait