Belasan WNI Ditahan Kamboja, Pemerintah Didesak Gerak Cepat

Forumterkininews.id, Jakarta- Pemerintah didesak  agar bergerak cepat menyelesaikan masalah 11 WNI korban penipuan kerja yang saat ini ditahan di Kamboja.

“Saat ini mereka sedang dalam proses penyelidikan oleh kepolisian setempat. Pemerintah harus bekerja cepat menyelesaikan kasus ini. 11 WNI tersebut memiliki keluarga yang mencemaskan keadaan mereka dan menantikan kepulangannya,” ujar anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher, Selasa (20/6).

Dikatakan Netty, pemerintah juga harus mendorong proses keimigrasian dan penyelidikan polisi Kamboja dipercepat.

“Jangan sampai status ke-11 WNI tersebut terlantar dan kasusnya tidak jelas. Keluarga di tanah air juga perlu mendapat informasi yang jelas tentang keadaan para WNI tersebut, ” imbuh Netty.

Tak hanya itu, aparat kepolisian kata Netty juga harus menelusuri agen tenaga kerja yang menyalurkan 11 WNI tersebut.

Kasus ini, lanjut Netty, harus menjadi alarm bagi pemerintah untuk sungguh-sungguh menangani kasus penipuan kerja yang dapat mengarah pada tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

“Presiden harus turun tangan memimpin pemberantasan mafia TPPO yang kabarnya melibatkan oknum pejabat BP2MI, TNI dan Kepolisian. Jangan biarkan nyawa rakyat Indonesia jadi taruhan kepentingan segelintir orang,”tandasnya.

Artikel Terkait