Temui Xi Jinping, Blinken Sepakat Akhiri Ketegangan

Forumterkininews.id, Beijing – Pemerintah Amerika Serikat dan China sepakat untuk mengakhiri ketegangan antara kedua belah pihak.

Kesepakatan itu terjadi setelah Menteri Luar Negeri, Anthony Blinken menemui Presiden China, Xi Jinping di Beijing, Senin (19/6). Keduanya melakukan pembicaraan pada hari Senin, memulai kembali komunikasi tingkat tinggi antara negara adidaya saingan.

Xi mengatakan mereka telah membuat kemajuan, sementara Blinken menunjukkan bahwa kedua belah pihak terbuka untuk pembicaraan lebih lanjut. Tetapi diplomat top AS menjelaskan bahwa masih ada perbedaan besar.

“Saya menekankan bahwa komunikasi berkelanjutan di tingkat senior adalah cara terbaik untuk mengelola perbedaan secara bertanggung jawab dan memastikan bahwa persaingan tidak mengarah ke konflik,” kata Blinken kepada wartawan setelah pertemuan 35 menit di Aula Besar Rakyat di Tiananmen. Persegi.

“Saya mendengar hal yang sama dari rekan-rekan China saya. Kami berdua sepakat tentang perlunya menstabilkan hubungan kami.”

Tapi Blinken mengatakan dia “berpandangan jernih” tentang China dan ada “banyak masalah yang sangat – bahkan sangat – tidak kami setujui”.Dan meskipun tidak ada terobosan yang jelas, Xi menyarankan agar hubungan dapat bergerak ke arah yang positif.
“Kedua belah pihak juga telah membuat kemajuan dan mencapai kesepakatan mengenai beberapa masalah tertentu. Ini sangat bagus,” katanya, dalam transkrip pernyataannya yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri AS

Artikel Terkait