Estonia, Negara Eropa Pertama Legalkan Pernikahan Sejenis

Forumterkininews.id, Tallin- Parlemen Estonia telah menyetujui undang-undang untuk melegalkan pernikahan sesama jenis pada Selasa (20/6). Sekaligus menjadikan negara Eropa tengah pertama yang mendukung LGBT secara hukum negara.

“Pesan saya (ke Eropa tengah) adalah ini pertarungan yang sulit. Tapi pernikahan dan cinta adalah sesuatu yang harus Anda promosikan,” kata Perdana Menteri Kaja Kallas dikutip Reuters.

“Kami telah banyak berkembang dalam 30 tahun itu, sejak kami membebaskan diri dari pendudukan (Soviet). Kami setara di antara negara-negara dengan nilai yang sama,” tambahnya usai pemungutan suara di Parlemen.

RUU tersebut menerima 55 suara di parlemen dengan 101 kursi, dari koalisi partai liberal dan sosial demokrat yang telah dikumpulkan Kallas setelah kemenangannya yang kuat dalam pemilu 2023.

Undang-undang tersebut akan berlaku mulai tahun 2024.

Pernikahan sesama jenis legal di sebagian besar Eropa Barat tetapi tidak di negara-negara Eropa Tengah yang pernah berada di bawah kekuasaan komunis dan anggota aliansi Pakta Warsawa yang dipimpin Moskow tetapi sekarang menjadi anggota NATO dan, sebagian besar, Uni Eropa.

Di negara Baltik yang sebagian besar sekuler berpenduduk 1,3 juta jiwa, 53% populasi mendukung pernikahan sesama jenis dalam jajak pendapat tahun 2023 oleh Pusat Hak Asasi Manusia. Satu dekade yang lalu jumlahnya adalah 34%.

Namun, 38% orang Estonia masih menganggap homoseksualitas tidak dapat diterima. Pernikahan sesama jenis ditentang oleh etnis minoritas Rusia, yang merupakan seperempat dari negara, dengan hanya 40% dari mereka yang mendukungnya.

Artikel Terkait