Paris Rusuh Usai Polisi Tembak Mati Remaja 17 Tahun

Forumterkininews.id, Paris- Protes berujung kerusuhan meletus di wilayah Paris, Prancis pada Selasa (27/6) malam setelah polisi menembak mati seorang remaja berusia 17 tahun yang gagal berhenti ketika diperintahkan oleh polisi lalu lintas.

Melansir BBC, video yang beredar di media sosial memperlihatkan seorang polisi menodongkan senjata ke pengemudi mobil, sebelum akhirnya terdengar suara tembakan.

Pengemudi bernama Nael M itu meninggal karena luka tembak di dada meski mendapat bantuan dari layanan darurat. Petugas yang dituduh menembaknya telah ditahan atas tuduhan pembunuhan.

Naël M adalah orang kedua tahun ini di Prancis yang tewas dalam penembakan polisi lalu lintas. Tahun lalu, rekor 13 orang tewas dengan cara ini.

Menurut surat kabar Le Monde, polisi awalnya menyarankan remaja tersebut mengendarai mobilnya ke arah mereka. Tapi rekaman yang diposting online dan diverifikasi oleh kantor berita AFP menceritakan kisah yang berbeda.

Dalam video, dua petugas berusaha menghentikan kendaraan. Seseorang mengarahkan senjatanya ke pengemudi melalui jendela dan tampak menembak dari jarak dekat saat dia mencoba untuk pergi.

Dua lainnya berada di dalam mobil pada saat penembakan – satu melarikan diri sementara yang lain, juga di bawah umur, ditangkap dan ditahan oleh polisi.

Penembakan itu memicu serangkaian protes pada Selasa malam di Nanterre, daerah di sebelah barat Paris tempat remaja itu dibunuh. Sedikitnya 24 orang ditangkap menyusul gangguan tersebut.

Artikel Terkait