Kerusuhan di Paris, Kemlu Pastikan WNI Masih Aman

Forumterkininews.id, Jakarta – Kerusuhan sedang terjadi di Paris, Prancis. Namun, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan warga negera Indonesia masih aman.

Hal itu dipastikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha.

“KBRI Paris telah berkoordinasi dengan kepolisian Kota Nanterre serta simpul simpul masyarakat Indonesia. Hingga saat ini tidak terdapat WNI yang terdampak atau terlibat kerusuhan tersebut,” kata Judha Nugraha

Diketahui, telah terjadi kerusuhan di berbagai lokasi di Perancis. Kerusuhan ini dipicu tindakan polisi yang menembak mati pemuda Prancis keturunan Aljazair, Nahel (17 tahun).

Ketika yang bersangkutan tidak mengikuti perintah untuk berhenti pada Selasa, 27 Juni 2023, di kota Nanterre (pinggir Paris).

Kerusuhan menyebar ke daerah pinggiran kota Paris lainnya. Seperti di Seine-Saint Denis, Villeurbanne, dan juga di kota-kota besar lainnya termasuk Nantes dan Toulouse hingga Rabu (28/6) malam hari.

Kerusuhan telah menyulut kembali memori tentang kerusuhan pada tahun 2005 yang mengguncang Prancis selama tiga minggu. Memaksa presiden saat itu Jacques Chirac untuk mengumumkan keadaan darurat.

Gelombang kekerasan itu meletus di Clichy-sous-Bois, pinggiran Paris, dan menyebar ke seluruh negeri. Setelah kematian dua pemuda yang tersengat listrik di gardu listrik saat mereka bersembunyi dari polisi.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...