Taliban Perintahkan Tutup Salon Kecantikan di Afghanistan

Forumterkininews.id, Kabul- Pemerintahan Taliban di Afghanistan telah memerintahkan penutupan salon kecantikan di negara itu dalam waktu satu bulan.

“Batas waktu penutupan salon kecantikan untuk wanita adalah satu bulan,” ujar  juru bicara Kementerian Pencegahan Kejahatan dan Penyebaran Kebajikan, Mohammad Sadiq Akif, Selasa (4/7) dikuti Reuters.

Salon kecantikan bermunculan di Kabul dan kota-kota Afghanistan lainnya pada bulan-bulan setelah Taliban digulingkan dari kekuasaan pada akhir 2001, beberapa minggu setelah serangan 11 September di Amerika Serikat.

Banyak yang tetap buka setelah Islamis kembali berkuasa dua tahun lalu tetapi dengan tanda dan jendela ditutup, memberi beberapa wanita pekerjaan dan pelanggan mereka dengan layanan mereka.

Sejauh ini, pemerintah asing dan pejabat PBB telah mengutuk pembatasan yang meningkat terhadap perempuan sejak Taliban kembali berkuasa pada 2021 setelah mengalahkan pemerintah yang didukung AS ketika pasukan asing mundur.

Tahun lalu, pihak berwenang menutup sebagian besar sekolah menengah perempuan, melarang perempuan masuk universitas dan menghentikan banyak staf bantuan perempuan Afghanistan untuk bekerja. Banyak tempat umum termasuk pemandian, pusat kebugaran, dan taman juga telah ditutup untuk wanita.

Artikel Terkait