Saingi Twitter, Instagram Luncurkan Threads

Forumterkininews.id, Jakarta- Instagram secara resmi meluncurkan aplikasi Threads yang digadang bakal menjadi aplikasi saingan Twitter pada Rabu, (5/7).

Melansir Bloomberg, aplikasi ini memungkinkan pengguna memposting teks dan tautan serta membalas atau memposting ulang pesan dari orang lain.

Aplikasi ini juga akan memungkinkan pengguna mem-porting daftar pengikut dan nama akun mereka yang ada dari Instagram, aplikasi berbagi foto dan video Meta yang menghitung merek, selebritas, dan pembuat konten utama di antara lebih dari dua miliar penggunanya.

“Seharusnya ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari 1 miliar orang di dalamnya,” kata kepala eksekutif Meta Mark Zuckerberg  dalam sebuah posting di Threads. “Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan ini tetapi belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan melakukannya.”imbuhnya.

Pada peluncuran Threads hari Rabu, Twitter masih membatasi berapa banyak tweet yang dapat dilihat pengguna per hari, tindakan yang disebut Musk “sementara” untuk menangkis data dan bot.

Pembatasan itu hanyalah langkah terbaru yang mendorong pengguna Twitter untuk mencari alternatif. Tetapi sebagian besar penantang sebelumnya, seperti Bluesky dan Mastodon, belum membangun jaringan yang cukup besar untuk memberikan jangkauan dan dampak postingan yang mereka miliki di Twitter.

Threads juga diluncurkan tanpa iklan – untuk saat ini, fokusnya adalah membuat sebanyak mungkin orang tertarik dengan aplikasi tersebut.

Artikel Terkait