Sebanyak 29 Negara Ikut Pertemuan Antar Menlu di Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sebanyak 29 negara itu.

“AMM/PMC merupakan salah satu mekanisme ASEAN yang memiliki peran penting sebagai convening power. Di mana budaya komunikasi dan dialog terus berusaha dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB, Piagam ASEAN, dan hukum internasional,” kata Menlu Retno.

Pertemuan tersebut akan diikuti oleh total 29 negara anggota ASEAN serta mitra-mitranya, juga ASEAN Secretariat dan Uni Eropa.

Retno menyebut tingkat kehadiran di tingkat menlu sangat tinggi, meskipun pertemuan ASEAN diselenggarakan hanya beberapa hari. Setelah pertemuan para menteri Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Vilnius, Lithuania.

“Hingga hari ini sudah terdaftar 1.165 delegasi dan 493 wartawan yang akan hadir selama rangkaian AMM/PMC,” ujar Retno.

ASEAN Ministerial Meeting/Post Ministerial Conference (AMM/PMC) akan terdiri dari total 18 pertemuan yaitu pertemuan untuk membahas Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ), pertemuan dengan Komisi HAM Antarpemerintah ASEAN (AICHR), pertemuan para menlu ASEAN dalam format plenary dan retreat.

Kemudian, pertemuan dilanjutkan dengan pertemuan para menlu ASEAN dengan negara mitra dialog. Yakni India, Selandia Baru, Rusia, Australia, China, Jepang, Korea Selatan, Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat. Serta ASEAN Plus Three, East Asia Forum dan ASEAN Regional Forum.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...