Jelang Pemilu, Polisi dan BSSN Siapkan Satgas Cegah Kebocoran Data

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) telah menyiapkan satuan tugas (Satgas) khusus. Untuk mencegah kebocoran data jelang Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra dan Panit 1 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio dalam diskusi Forum Wartawan Polri (FWP), di Ballroom Hotel Diradja, pada Jumat (7/7).

Ariandi menyatakan bahwa pihaknya telah menggelar pasukan Satgas yang akan bertugas memantau kegiatan Pemilu setiap harinya dan nantinya setelah acara digelar akan dirangkum untuk dilakukan evaluasi.

“Pemilu juga kita sudah gelar pasukan dari awal Satgas Pemilu dan nanti akan selesai semuanya bahkan setelah berakhir kita akan di evaluasi semuanya terangkum disana berkerja disitu setiap hari,” kata Ariandi.

Kemudian ia juga mengimbau kepada Kementerian dan lembaga pemerintahan untuk melakukan monitoring terhadap sistem elektronik untuk mencegah terjadinya kebocoran data Pemilu.

“Kita juga melakukan monitoring setiap hari memberi himbauan kepada penyelenggara sistem elektronik megenai kerentanan yang ada terkait anomali trafik tahun lalu. Kita akan antisipasi pencegahan dini. Kita mengimbau kepada kementerian dan lembaga agar kejadian (kebocoran) tersebut tidak terjadi,” papar Ariandi.

Dalam hal yang sama, Panit 1 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ipda Satrio mengatakan bahwa pihaknya juga telah memiliki Satgas untuk mencegah terjadinya kebocoran data Pemilu.

“Kita sudah ada satgas sendiri dalam hal untuk Pemilu. Kemudian untuk adanya kebocoran kita lebih pada pencegahan patroli siber dalam hal ini sudah ada di setiap Polda dan Polres,” ucap Satrio.

Sementara itu Satrio mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penindakan jika nantinya terdapat kebocoran data pada Pemilu yang akan berlangsung pada 2024.

“Kita akan melakukan penindakan jika terjadi kebocoran data,” tukas Satrio.

Artikel Terkait