Jepang Peringati Setahun Tewasnya Shinzo Abe

Forumterkininews.id, Tokyo - Jepang pada Sabtu, (8/7), menandai satu tahun tewasnya mantan perdana menteri Shinzo Abe yang ditembak mati saat berpidato pada 8 Juli 2022. 

Melansir CNA, Perdana Menteri Fumio Kishida dan pejabat senior lainnya serta anggota parlemen bergabung dengan istri Abe, Akie, pada upacara peringatan pribadi di sebuah kuil Buddha di Tokyo.

Masyarakat juga diizinkan untuk menaruh bunga setelah kebaktian berakhir.

Di antara masyarakat yang hadir adalah Tsuu Ogawa, 49, seorang pekerja hotel, yang merayakan ulang tahunnya pada hari Abe dibunuh.

“Saya kaget hal mengerikan seperti ini bisa terjadi di Jepang, dan saya berdoa semoga hal seperti itu tidak pernah terjadi lagi,” katanya sambil membawa bunga ke kuil.

Abe dikenang karena mengejar kebijakan ekonomi yang bertujuan mengakhiri deflasi selama bertahun-tahun, termasuk pelonggaran moneter yang agresif, stimulus fiskal, dan deregulasi. Kritikus mengatakan langkah-langkah itu juga membuka kesenjangan pendapatan.

Abe, yang mengundurkan diri pada tahun 2020, juga memperjuangkan kebijakan pertahanan agresif yang meningkatkan pengeluaran militer.

Serta menafsirkan kembali konstitusi penolakan perang Jepang untuk memungkinkan pasukan Jepang bertempur di luar negeri untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia Kedua.

Artikel Terkait