PM Thailand Prayut Chan-ocha Pensiun dari Politik

Forumterkininews.id, Bangkok- Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha mengumumkan  pengunduran dirinya dari politik pada Selasa, (11/7), sembilan tahun setelah ia mengambil alih kekuasaan dalam kudeta militer negara itu.

Melansir CNA, pengumumannya datang setelah partainya yang didukung militer, United Thai Nation, kalah dalam pemilihan 14 Mei, di mana partai itu hanya memenangkan 36 dari 500 kursi parlemen.

Namun, dia akan tetap menjadi perdana menteri sementara sampai pemerintahan baru terbentuk.

“Saya sebagai perdana menteri telah bekerja keras untuk melindungi bangsa, agama, monarki untuk kepentingan rakyat tercinta. Hasilnya saat ini berbuah untuk masyarakat,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Saya telah mencoba untuk memperkuat negara di semua bidang demi stabilitas dan perdamaian dan mengatasi banyak rintangan di dalam negeri dan internasional.”imbuhnya.

Dalam sembilan tahun sejak kudetanya, Prayut telah bertahan dari berbagai tantangan melalui kasus pengadilan, suara kepercayaan DPR dan protes jalanan oleh lawan yang melihatnya sebagai seorang oportunis yang tidak memiliki mandat publik.

Pengumumannya juga datang saat parlemen baru bersiap untuk bersidang pada hari Kamis dan mengadakan pemungutan suara tentang siapa yang akan menjadi perdana menteri berikutnya.

Artikel Terkait

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...