Demi Penuhi Hak Konstitusional, Santri Al-Zaytun Dibina Pemerintah

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah akan membina dan mengembangkan lembaga pendidikan Al-Zaytun. Hal ini untuk memenuhi hak konstitusional murid dan santri memilih dan menerima pendidikan.

Menkopolhukam Mahfud MD mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Istana Negara, Selasa (18/7).

“Yang jelas, pemerintah berketetapan tidak akan menutup lembaga pendidikan apapun. Akan terus kita (pemerintah) bina, akan kita kembangkan sesuai dengan hak konstitusional, diberikan hak kepada murid dan wali murid, santri dan wali santri di situ,” katanya.

“Untuk tetap memilih lembaga pendidikannya, tetapi materinya kita kontrol, kita awasi. Itu saja,” lanjutnya.

Menurut Mahfud, pemerintah memandang Al-Zaytun sebagai suatu lembaga pendidikan yang memiliki produk sangat bagus. Dengan murid dan santri yang pintar sehingga pemerintah akan menyelamatkan Al-Zaytun sebagai lembaga pendidikan.

“Cuma bagaimana menyelamatkan itu, tunggu posisi hukum dulu terhadap (pengasuh Al-Zaytun) Panji Gumilang,” jelas dia.

Sementara itu menyangkut pengasuh Al-Zaytun Panji Gumilang, Mahfud menyampaikan yang bersangkutan saat ini tengah diproses secara hukum berkaitan adanya laporan masyarakat.

Tentang dugaan penodaan agama yang melanggar UU Nomor 1/PNPS/Tahun 1965 tentang pencegahan, penyalahgunaan, dan/atau penodaan agama.

Pemerintah juga melaporkan dugaan pencucian uang terkait kekayaan Yayasan Al-Zaytun.

Menurut Mahfud saat ini telah diblokir 145 rekening dari 256 rekening pribadi, ditambah sejumlah rekening lain yang terkait, antara lain rekening beberapa yayasan.

“Nah itu diperiksa demi ketertiban,” jelasnya.

Artikel Terkait