Meski Ancamannya Hukuman Mati, Warga Korut Tetap Nonton Squid Game

Forumterkininews.id, Pyongyang – Serial Netflix Korea terpopuler, Squid Game ramai ditonton sebagian warga Korea Utara. Film serial itu disimpan dalam file yang diselundupkan melalui USB.

Melansir Radio Free Asia, Rabu (24/11), salinan selundupan drama tersebut menyebar meski ada hukuman menanti bagi siapa saja yang menyelundupkan.

“File fil Squid Game diselundupkan, kemudian masuk ke pedalaman,” kata salah seorang penduduk kota Pyongyang.

Pria itu mengaku menonton Squid Game di rumah saudaranya. Katanya, banyak warga yang berkomentar cerita di serial itu mirip dengan kehidupan pejabat Pyongyang yang bertarung di pasar mata uang asing seolah-olah itu adalah pertarungan hidup dan mati.

“Mereka pikir plot acara itu paralel dengan kenyataan mereka sendiri, di mana mereka tahu bahwa mereka dapat dieksekusi kapan saja,” katanya lagi.

Menurutnya, banyak warga yang diam-diam menonton Squid Game di bawah selimut saat malam hari.

“Mereka diam-diam menonton pertunjukan itu di bawah selimut mereka di malam hari di pemutar media portabel mereka.”ungkapnya.

Menonton Squid Game sebetulnya bisa berisiko.  Lantaran, pemerintah Korea Utara telah mengesahkan undang-undang baru tentang “Penghapusan Pemikiran dan Budaya Reaksioner,”

Undang undang ini menjatuhkan hukuman mati maksimum untuk siapa saja yang menonton, menyimpan, atau mendistribusikan media kapitalis, terutama dari Korea Selatan dan AS.

Artikel Terkait