Tiga Kartu Merah Warnai Debut Barcelona di Kandang Getafe

Forumterkininews.id, Barcelona – Hujan kartu merah mewarnai debut Barcelona saat melakoni partai tandang melawan tuan rumah Barcelona dalam duel pembuka Liga Spanyol 2023-2024 di Coliseum Alfonso Perez yang berakhir imbang 0-0, Senin (14/8) dini hari WIB.

Kerasnya jalannya pertandingan kedua tim membuat wasit Cesar Soto Grado harus mengeluarkan tiga kartu merah. Bahkan, satu di antaranya diberikan untuk pelatih Barcelona Xavi Hernandez. Sedangkan dua lainnya masing-masing untuk Rapinha (Barcelona) dan Jaime Mata (Getafe).

Diusirnya Xavi karena mantan pemain Barcelona itu dianggap mengeluarkan kata-kata kasar kepada wasit. Tidak jelas kata-kata apa yang dikeluarkan oleh Xavi terhadap Cesar Soto. Xavi sendiri saat ditanya seusai pertandingan hanya menjawab, wasit terlalu banyak membiarkan terjadinya pelanggaran.

“Saya mengatakan kepadanya (wasit) bahwa dia membiarkan terlalu banyak pelanggaran. Itu sebabnya dia mengirim saya keluar,” kata Xavi, mengutip Marca.

“Tidak ada lagi yang perlu disampaikan. Saya telah berkomentar sebelumnya dan mereka menhukum saya untuk itu,” Xavi melanjutkan. 

Seperti dilaporkan laman resmi Laliga, Barcelona langsung memberikan ancaman kepada tuan rumah pada menit ke-8. Pemain anyar Barcelona, Ilkay Gundogan, mengirim umpan ke Robert Lewandowski yang kemudian diteruskan lewat sundulan penyerang asal Polandia itu. Hanya saja masih bisa diamankan kiper David Soria.

Tujuh menit berselang Barceloma kembali mendapat peluang emas ketika Raphinha dilanggar Stefan Mitrovic di dekat kotak penalti. Pemain Brasil itu mengeksekusi tendangan bebas dengan baik, namun bola berhasil ditepis kiper lawan.

Getafe sempat merespons pada menit ke-30 melalui sebuah serangan yang berujung tembakan mendatar dari Juan Iglesias dari depan kotak penalti. Sayangnya masih bisa digagalkan penjaga gawang Barca, Marc-Andre ter Stegen.

BACA JUGA:   Barcelona Lolos 16 Besar Europa League

Dua menit menjelang jeda Barcelona harus bermain dengan 10 orang setelah Raphinha diganjar kartu merah langsung akibat menyikut Gaston Alvarez.

Selanjutnya, pada babak kedua, giliran Getafe yang harus bermain dengan 10 orang setelah Jaime Mata mendapat akumulasi kartu kuning yang berujung merah pada menit ke-57.

Suasana semakin panas ketika pada menit ke-70, giliran pelatih Barcelona Xavi Hernandez yang mendapat kartu merah langsung akibat protes keras kepada wasit. Sebelumnya Xavi memprotes wasit yang tidak memberikan tendangan bebas kepada Barcelona setelah Abde Ezzalzouli dilanggar di depan kotak penalti Getafe.

Artikel Terkait