Eco Driving Bisa Bantu Tekan Polusi

Forumterkininews.id, Jakarta – Kendaraan bermotor dituding jadi salah satu biang kerok polusi udara. Pengendara bisa menerapkan eco driving agar bijak dalam berkendara untuk menekan polusi udara.

Eco Driving merupakan teknik mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien dengan mengurangi sumbangan gas CO2. Selama ini gas CO2 yang kendaraan bermotor keluarkan menjadi penyumbang emisi karbon nomor tiga.

Pengguna kendaraan bermotor dapat menerapkan beberapa langkah berikut untuk memulai teknik ini. Pertama, gunakan bahan bakar minyak (BBM) beroktan 92 seperti Pertamax. Kedua, selalu periksa tekanan angin ban melalui informasi pada dashboard.

Ketiga, selalu melakukan service rutin kendaraan. Hindari muatan berlebih yang berakibat pada performa mesin.

Selain cara di atas, pengguna juga dapat menerapkan cara lainnya. Pengemudi wajib menekan gas secara perlahan. Menekan gas dengan akselerasi tinggi menyebabkan konsumsi BBM berlebihan.

Lalu jangan membebani putaran RPM berlebihan. Batasi pindah gigi di putaran 2.000 RPM agar pemakaian bahan bakar tetap optimal.

Hindari kendaraan menyala dalam waktu lama ketika idling. Ada baiknya untuk mematikan saat berhenti lebih dari 10 menit. Tidak agresif saat mengemudi. Gunakan temperatur AC dalam posisi ideal, bukan pada suhu maksimal. Terakhir, manfaatkan engine break untuk pengereman.

Artikel Terkait