Komunitas Dayung Jakarta Kibarkan Merah Putih di Teluk Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Komunitas Dayung Jakarta menyelenggarakan pengibaran bendera merah putih di Teluk Jakarta dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8). Acara ini sebagai bagian dari aksi Dayung Merdeka .

Terdapat beberapa komunitas lain yang mengikuti kegiatan ini seperti, Archipelago Kayak Indonesia, Jakarta Paddle Club, Sea Kayak Indonesia, Laut Luas Adventure, SUP.ID, The Mangrove Paddling Center, dan Maliko.

Salah satu anggota komunitas Archipelago Kayak Indonesia, Jeffry Benyamin, menyatakan mencintai lingkungan terutama laut bisa menjadi cara mengungkapkan suka cita kemerdekaan.

“Kemerdekaan saat ini jangan hanya diartikan bebas dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan saat ini juga harus diartikan sebagai ungkapan dari rasa bebas untuk mencintai lingkungan melalui lautan,” ujarnya.

Kemudian, Muhammad Saleh Alatas dari Sea Kayak Indonesia menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya membangkitkan kembali budaya mendayung pada generasi muda.

“Agar generasi muda Indonesia ke depan lebih mencintai berkegiatan bahari dan dapat mendominasi lautan Indonesia,” tuturnya.

Sejatinya Komunitas Dayung Jakarta akan menyelenggarakan pengibaran bendera di laut Teluk Jakarta bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023. Namun, kegiatan tidak terlaksana kerana air laut sedang mengalami pasang sehingga dikhawatirkan membuat bendera akan tenggelam.

Meski begitu astusiame berbagai komunitas dalam pengibaran bendera merah putih di teluk Jakarta tidak sirna sedikit pun.

Artikel Terkait