Tumbuhkan Nasionalisme, Rekomendasi Film Kemerdekaan Ini Wajib ditonton

Forumterkininews.id, Jakarta – Masih dalam suasana perayaan HUT ke-78 RI, terdapat film yang mengangkat cerita heroik pahlawan nasional yang dapat menumbuhkan nasionalisme. Selain itu, berbagai cerita bersejarah dalam film ini juga wajib ditonton.

Berikut ini lima rekomendasi film tentang kemerdekaan yang wajib kamu tonton:

  1. “Soekarno” (2013)

Film besutan Hanung Bramantyo itu menceritakan perjalan Sang Proklamator dalam berjuang merebut kemerdekaan.

Semangat presiden pertama indonesia ini begitu membara untuk melepas belenggu penjajah.

2. “Kartini” (2017)

Film yang mengisahkan salah satu pahlawan nasional dalam memperjuangkan hak-hak wanita. 

Raden Ajeng Kartini, memantik semangat dan keadilan untuk pendidikan perempuan pada masa kolonial.

3. “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” (2015)

Film ini mengisahkan sosok pendiri Organisasi Sarekat Islam, Tjokroaminoto. Biografi Tjokroaminoto tergambar lewat besutan Garin Nugroho.

Bersama teman-temannya, Tjokroaminoto berjuang untuk menyamakan hak dan martabat rakyat. Gerakan ini yang membuat pemerintah kolonial geram.

4. “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta” (2018)

Film itu mengangkat kisah Raja Kesultanan Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo yang bertahta  pada tahun 1613-1645. Kerjaannya berjuang demi kemakmuran dan kecurangan yang dilakukan VOC.

Selain itu, Sang Sultan juga mengalami konflik batin karena tidak bisa melanjutkan jalinan cinta masa mudanya dengan Lembayung. Sebagai calon raja, Raden Mas Rangsang kemudian menikah dengan perempuan ningrat yang bukan pilihan hatinya.

5. “Buya Hamka Vol.1″ (2023)

Ini merupakan film biografi “Buya Hamka” mengisahkan cendekiawan muslim bernama Abdul Malik Karim Abdulla atau sering dikenal sebagai Buya Hamka.

Buya Hamka Vol. 1 lebih berfokus pada kehidupan sebagai pimpinan pengurus Muhammadiyah Makassar. Selain itu Kehidupannya sebagai ulama, sastrawan, dan wartawan yang berpengaruh pada masanya menjadi bagian yang dikisahkan dalam film itu.

Artikel Terkait